5 Sinetron Ramadhan Generasi 90-an Yang Bikin Kangen

by : mayangmoy




KALAU bicara hal apapun soal generasi 90-an suka bikin ngangenin ya, guys, bener enggak sih? Baik itu permainan, makanan, fashion, bahkan sampai film atau sinetron. Nah, di saat bulan Ramadhan seperti ini, pada tahun 1990-an hingga awal 2000-an, televisi Indonesia dipenuhi sinetron religi yang bakal nemenin kita ngabuburit atau juga setelah buka puasa.

Apa saja sih sinetron Ramadhan generasi 90-an yang bikin kita kangen dan penuh kenangan itu?

  1. Doaku Harapanku
Doaku Harapanku via http://www.boombastis.com

Ini nih, salah satu sinetron yang melambungkan nama Krisdayanti kala itu. Kalau anak zaman sekarang tahunya Krisdayanti hanyalah penyanyi, anak generasi 90-an pasti udah enggak asing lagi deh sama aktingnya Diva Indonesia ini. Patut diacungi jempol!

Sinetron yang tayang pada 1998 selama bulan Ramadhan ini merupakan cikal bakal sinetron Ramadhan di Indonesia. Sinetron ini mengisahkan cobaan hidup yang dialami Anisa (Krisdayanti) dalam menghadapi mertuanya yang kejam, Lela (Leily Sagita).

  1. Lorong Waktu
Lorong Waktu via https://www.brilio.net/

“Pak Haji siap? Zidan siap? Bismillahirrahmanirrahim”, kemudian tombol enter pun dipencet, Pa Haji dan Zidan pun pergi menghilang, melewati lorong waktu. Ada yang masih ingat dengan kalimat dan adegan itu? Yang masih ingat, berarti kamu benar-benar anak generasi 90-an.

Di saat sinetron Ramadhan lain bercerita soal rumah tangga atau percintaan, lain halnya dengan sinetron Ramadhan satu ini, Lorong Waktu. Sinetron yang dibintangi Deddy Mizwar sebagai Haji Husin, Jourast Jordy sebagai Zidan dan Adjie Pangestu sebagai Ustadz Addin, pada tahun 1999-an ini lebih menceritakan kepada kehidupan sehari-hari. Karena keberhasilannya saat itu, sinetron Lorong Waktu pun bertahan hingga 2006.

  1. Doa Membawa Berkah
Doa Membawa Berkah via http://www.boombastis.com

Di tahun 2000, ada sinetron Doa Membawa Berkah yang dibintangi Tamara Blezensky (Tarissa) dan Anjasmara (Rafli) yang meramaikan Ramadhan kala itu. Berkat akting keduanya, sinetron Ramadhan ini juga berhasil menarik perhatian para penonton untuk mengisi waktu di bulan Ramadhan. Sebenarnya ceritanya tak jauh dari rumah tangga maupun percintaan seperti Doaku Harapanku.

  1. Doa dan Anugerah
Doa dan Anugerah via youtube.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kalau di era 90-an Krisdayanti dikenal sebagai ratunya sinetron. Terbukti, dengan beberapa sinetron Ramadhannya yang selalu sukses. Setelah keberhasilan Doaku Harapanku, Krisdayanti kembali berakting di Doa dan Anugerah bersama Anjasmara. Sinetron yang tayang pada tahun 2002 hingga 2003 ini bisa bikin para penontonnya baper karena hampir di setiap episodenya dipenuhi dengan air mata.

  1. Kiamat Sudah Dekat
Kiamat Sudah Dekat via youtube.com

Setelah sukses dengan film Kiamat Sudah Dekat yang rilis pada 2003, Deddy Mizwar akhirnya melanjutkan film tersebut dengan versi sinetronnya yang tayang pada bulan Ramadhan 2005. Sinetron yang dibintangi Deddy Mizwar, Andre Taulany, dan Zaskia Adya Mecca ini membawa angin segar pada saat itu. Karena meskipun sinetron ini berkisah tentang percintaan seperti sinetron pada umumnya, namun dalam Kiamat Sudah Dekat diselipkan humor dan juga pesan-pesan moral yang disampaikan secara tidak berlebihan atau lebay. Yang bikin kangen dari film ini selain H. Romli (Deddy Mizwar) yang menganggap kata “suer” adalah dua minggu, adalah tokoh Kipli (Sakurta Ginting) dan Saprol (Dwiky Riza) yang mengajarkan Fandy (Andre Taulany) untuk belajar solat dan mengaji.

Gimana, guys, terobati kangen akan sinetron Ramadhan zaman dulu? Atau ada yang mau menambahkan sinetron Ramadhan lainnya? (kolase/dari berbagai sumber)

Populer