Berjelajah Di Bagian Selatan Bandung

by : titan

Gambar: Titan Firman



Situ Patenggang, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

SETIAP hari, semakin banyak kendaraan yang memadati sudut kota dengan polusi dan kebisingannya. Tak hanya itu, setiap harinya juga kerjaan terus berdatangan dan semakin menumpuk, belum lagi masalah-masalah lainnya yang berjibun dan membuat kepala menjadi cenat-cenut. Di saat-saat seperti inilah kita butuh perjalanan seru yang bisa me-refresh kembali otak dan hati agar lebih fresh.

Nah, kali ini Kolase ingin berbagi info mengenai sebuah tempat yang yang bisa men-charge kembali energi sobat-sobat yang kurang piknik. Di tempat ini kita bisa menikmati lukisan alam yang begitu indah tanpa kebisingan dan juga polusi yang semakin menebal. Tak hanya itu, udaranya yang sejuk pun membuat paru-paru kita seakan kembali dipompa dengan oksigen yang benar-benar bersih, tak tercemar oleh polusi. Dimanakah tempat tersebut berada?

Tempat sejuk itu berada di sebelah selatan Kota Bandung, tepatnya di sekitar Kecamatan Ciwidey dan Kecamatan Rancabali. Ciwidey dan Rancabali ini merupakan dua nama kecamatan di Kabupaten Bandung yang terkenal dengan objek wisatanya yang begitu mengagumkan. Saat kalian memasuki kawasan ini, kalian akan disambut oleh indahnya kebun teh yang tertata rapi bak permadani alam serta rimbunnya pepohonan yang memberikan kesejukan.

Konon, nama Ciwidey berasal dari bahasa Portugis Kuno, yakni dari kata Ciwi yang berarti buah kiwi dan Dey yang berarti hari. Sementara itu dalam bahasa Yunani Kuno, nama Ciwidey berasal dari kata Ciwos yang berarti sapi dan Dos yang berarti lima. Dari bahasa Yunani Kuno itulah mitosnya Ciwidey dikenal sebagai tempat lahirnya sapi berkepala lima yang disembah sekte Sapinisme yang berpusat di Rumah Sembah Sapi milik Raden Batubara. Konon, Raden Batubara ini adalah sosok yang disegani di daerah selatan kota Bandung karena pernah merebut hati seorang gadis desa yang cantik.

Entah benar atau tidak kisah tersebut, yang pasti pesona kawasan ini benar adanya. Keindahannya telah memikat banyak orang yang datang atau sekadar melintasi kawasan ini. Selain keindahan alamnya, kawasan Ciwidey dan Rancabali juga memiliki objek wisata yang bisa dikunjungi untuk bercengkrama bersama handai tolan. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Kawah Putih dan Kawah Rengganis

Bagi yang ingin melihat indahnya kawah tanpa perlu takut mendekatinya, bisa berkunjung ke Kawah Putih di Jalan raya Soreng, Sugih Mukti, Pasir Jambu, Kabupaten Bandung atau Kawah Rengganis yang terletak di Jalan Rancabali-Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung. Nah, setelah bersenang-senang di Kawah Putih atau Kawah Rengganis, kalian bisa menikmati manisnya buah strawberry yang bisa dipetik sendiri langsung dari kebunnya.

  1. Kebun Strawberry

Di sepanjang jalan Raya Ciwidey, kalian bisa menemukan banyak kebun strawberry. Di sanalah kalian bisa memetik buah strawberry secara langsung. Hasil petikannya bisa dimakan langsung di sana atau dibawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh.

  1. Situ Patenggang

Salah satu tempat wisata di Ciwidey yang cukup populer dari zaman dulu hingga sekarang, yakni Situ Patenggang. Situ yang berada di Jalan Raya Ciwidey, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung ini selain memiliki panorama alam yang indah serta fasilitas wisata yang cukup lengkap juga memiliki kisah unik dibalik namanya.

Kisahnya itulah yang membuat situ ini membuat penasaran banyak orang, terutama bongkahan batunya yang sering disebut dengan Batu Cinta serta Pulau Asmara yang berbentuk hati. Batu dan pulau ini terkenal karena cerita cinta Dewi Rengganis dan Ki Santang serta mitosnya yang mengatakan “siapa yang singgah di batu cinta dan mengelilingi pulau asmara, senantiasa mendapat cinta yang abadi seperti mereka”.

  1.  Pemandian Air Panas

Bagi kalian yang merasa kedinginan dan ingin mengahangatkan dirinya di Ciwidey, tenang saja karena di sini terdapat banyak pemandian air panas. Beberapa di antaranya ada Ciwidey Valley Resort – Hot Spring Water Park, Pemandian Air Panas Cimanggu, Pemandian Air Panas Ciwalini, Kampung Cai, dan masih banyak lagi.

  1. Wisata Binatang

Sementara itu bagi yang membawa anak kecil dan ingin mengenalkan binatang, kalian bisa membawanya ke Ciwidey Valley Resort, Taman Kelinci atau Penangkaran Rusa Ranca Upas.

Wah lengkap banget kan ya tempat-tempat wisata yang ada di Ciwidey. Kalian tinggal pilih mau berendam, melihat binatang, memetik strawberry atau kegiatan seru lainnya. Yang pasti, kalian akan betah berlama-lama di sana dan membuat kalian ingin kembali ke tempat ini untuk menjelajah objek wisata lainnya yang belum sempat tereksplor. Begitu juga dengan kolase yang akan terus menjelajah tempat-tempat seru lainnya.

Gambar: Titan Firman

Populer